Bagaimana Cara Mengobati Flu pada Bayi? Klik SehatQ.com


Sebelum melangkah jauh mengenai cara mengobati flu pada bayi, mari kita kenali dulu apa itu flu dan perbedaannya dengan pilek.

Apakah Flu dan Pilek Sama ?

Sebagian besar masyarakat umum sering salah dalam mengartikan flu. Flu sering diartikan sama dengan pilek pada umumnya. Padahal jika menilik lebih lanjut, kedua hal ini memiliki perbedaan. Influenza atau disingkat dengan ‘flu’ adalah penyakit pada pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza.

Kehadiran virus pada pernapasan dapat menyebabkan demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan sakit pada otot tubuh. Ada tiga jenis virus influenza yaitu influenza A, influenza B, dan influenza C.

Gejala pada flu bisa memakan waktu yang lama dengan gejala yang lebih serius seperti demam, badan menggigil dan nyeri pada otot tubuh. Sedangkan, gejala pilek cenderung lebih ringan dengan durasi waktu yang singkat. Biasanya pilek hanya menimbulkan gejala seperti hidung berair dan demam yang ringan.

Ketika bayi mengalami flu, tentu dibandingkan pilek cara mengobati flu pada bayi akan lebih serius penanganannya.

Cara Mengobati Flu Pada Bayi

Ada beberapa cara berikut ini untuk mengatasi flu pada bayi. Yuk simak!

1. Jangan Atasi Flu dengan Bawang Merah

Cara yang pertama ini terdengar aneh, lebih menjurus pada imbauan ketimbang tutorial. Ya benar, karena di kalangan awam beredar cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah mampu mengurangi flu. Namun, cara ini belum teruji secara ilmiah. Ada baiknya kamu menghindari penggunaan bawang merah pada bayi kecil lucu kesayanganmu.

2. Berikan Cukup Banyak Cairan

Jika sang bayi masih berusia di bawah 6 bulan, bisa berikan ASI sesering mungkin guna memenuhi kebutuhan cairannya di dalam tubuh. Adapun untuk bayi yang berusia lebih dari 6 bulan, bisa berikan ia air minum putih atau jus buah yang cukup. Cairan ini baik untuk bayi agar dapat mencegah dari dehidrasi. Hal ini juga bisa membuat mulut dan hidungnya menjadi lebih lembab sehingga si bayi akan merasa lebih nyaman.

3. Keluarkan Lendir dengan Menyemprot Cairan Garam

Cara ketiga dalam mengobati flu pada bayi adalah dengan mengeluarkan lendir di dalam hidung bayi. Ketiga lendir ini mengental di hidung, bayi akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Kondisi ini jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan masalah yang serius. Lendir tersebut bisa dicairkan dengan menyemprotkan cairan garam ke masing-masing lobang hidung si kecil. Cairan garam bisa dibeli di apotik terdekat.

4. Kondisikan Ruangan agar Tetap Lembab

Bayi akan terasa tersiksa ketika berada di ruangan yang kedap dan kering. Nah, agar flu segera sembuh usahakan ruangan berada pada kondisi yang lembab disertai ventilasi udara yang cukup.

5. Lakukan Terapi Air Hangat

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, mengobati flu pada bayi dapat dilakukan dengan terapi air hangat. Terapi ini bisa dilakukan dengan cara memandikan bayi pada air hangat.

6. Atasi dengan Cara yang Alami

Cukup sederhana, cara mengatasi flu pada bayi secara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan jeruk nipis dan madu. Kedua bahan alami ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh bagi si kecil.

Sekian penjelasan mengenai cara mengobati flu pada bayi. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, bisa langsung meluncur ke website SehatQ yang menyajikan banyak informasi mengenai kesehatan. Sebagai catatan tambahan, jika flu pada bayi tak kunjung sembuh bahkan berlangsung berminggu-minggu, sebaiknya segera mengunjungi dokter.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Mengobati Flu pada Bayi? Klik SehatQ.com"